Dua puluh tahun kemudian, Doe bayangan masih membayangi Liberia

Topik Afrika

25 tahun setelah kepergiannya, Samuel Doe masih diproyeksikan shadow panjang atas kebijakan Liberia

Posted 9 September 2015 AfricanArgumentsEditor
Ketika Sersan 28, mengambil alih kekuasaan pada tahun 1980, ia memulai serangkaian peristiwa yang menggema di Liberia selama hari hari.

 Mantan presiden Samuel K. Doe, memegang walkie-talkie di tahun 1980 kudeta yang menggulingkan Presiden William Tolbert fotografi Sando Moore Jr / PA .

Pada tahun 1980, Samuel K. Doe, sersan 28 tahun, merebut kekuasaan di Liberia silau ketenaran. Dalam serangan mendadak malam pada rumah eksekutif menghadap Samudera Atlantik, Perez dan antek-anteknya brutal dibunuh Presiden William R. Tolbert Jr., mengakhiri Pemerintah 133 tahun dari Amerika hitam pemukim dan keturunan mereka (dikenal sebagai Americo -liberians). Diperintah oleh Tolbert, Doe adalah presiden Liberia pertama “Warisan adat yang unik.”

Dalam dekade berikutnya, Presiden Doe mengobarkan politik etnis dan menerima curiga dekat dengan kemenangan pemilu 1985, sebelum mengetahui bahkan jauh lebih berbahaya dibanding pendahulunya. Pada akhir Perang Dingin, menguap dukungannya sebelumnya tidak perlu diragukan lagi AS dan Liberia meledak menjadi perang saudara, Dow tetap rentan. Sembilan bulan setelah konflik mulai pada 9 September, 1990, Doe tertangkap mengunjungi Monitoring Grup ECOWAS baru-baru dikerahkan (ECOMOG) di Monrovia.

Beberapa jam kemudian dia sudah mati, tapi perang saudara di Liberia terus selama 13 tahun. Pada jam-jam terakhir, sampai ditelanjangi untuk celana dalamnya, diwawancarai dalam film, dan telinganya dipotong. Pemimpin Pemberontak Pangeran Johnson memimpin kelalaian pada subjek.

Hari ini, tepat 25 tahun setelah kematian berdarah Samuel Doe, diikuti warisannya di Liberia. Pangeran Johnson, misalnya, sekarang menjadi senator di Liberia, sementara sejumlah pemangku kepentingan tentang penggulingan Perez, termasuk incumbent Presiden Ellen Johnson Sirleaf, masih terlihat dalam politik.

Meski itu adalah sekitar seperempat abad, Dow dimasukkan ke dalam menggerakkan rantai peristiwa yang terus membuat pengaruh mereka merasa seluruh negara yang pernah dipimpin.

Sebuah aturan dim

Doe berkuasa pada tahun 1980, berdasarkan yang merupakan anggota peringkat tertinggi dari kudeta dan mulai aturan brutal. Sepuluh hari setelah Presiden Tolbert ditemukan akhir brutal, tiga belas dari pejabat pemerintah Tolbert dilucuti pakaian dan dieksekusi di depan umum di pantai di Monrovia.

Pemerintah baru dari Dow main mata sebentar dengan Libya mencoba tegas dengan AS .. Posisi ini dihargai dengan bantuan asing besar-besaran administrasi Presiden Ronald Reagan mengunjungi negara itu di Gedung Putih pada tahun 1982. Selain itu, 1985, Liberia adalah yang terbesar kapita penerima bantuan AS untuk sub-Sahara Afrika, yang menerima lebih banyak bantuan AS 1981-1985 Selama abad terakhir per -. sementara pemberontak lainnya Charles Taylor dan Pangeran Johnson pindah untuk menggulingkan Doe di senja Perang Dingin, dukungan ini telah menguap

Tapi sebelum ini, Perez memenangkan kecurangan pemilu pada Oktober 1985, dan kemudian bulan kemudian, ia menghadapi kudeta yang dipimpin oleh mantan kawan. Roe selamat pembongkaran gagal, tapi itu masa bergolak disebabkan perhitungan politik internal yang berubah. Tentara ditekan pemberontakan lama setelah dan dilanjutkan dengan balas dendam dan mengejar pelanggaran hak asasi manusia terhadap etnik Gio, yang diduga mendukung kudeta. Pada tahun 1990, menurut pasukan Doe yang melakukan kekejaman lebih besar dan terutama terdiri dari anggota kelompok etnis nya Krahn.

Doe sepuluh tahun berkuasa sering diingat untuk kejahatan-kejahatan ini, tetapi juga memiliki beberapa pembela. Misalnya, William K. Ayah Glay politisi Liberia yang adalah sepupu dan mantan penasihat Presiden Doe, mengatakan bahwa banyak dari kekejaman terburuk di bawah pengawasan jangkauan, pembantaian di sebuah gereja di Monrovia telah dilakukan oleh panglima perang nakal.

Bahkan, Glay memuji orang tuanya untuk pembangunan jalan, arsip nasional baru, barak militer, stadion olahraga, dan kantor polisi selama kepresidenannya. Argumen Afrika mengatakan salah satu prestasi terbesar dari Perez adalah pembangunan sejumlah departemen pemerintah -. Sebelum presiden Perez, paling departemen pemerintah bertempat di gedung-gedung yang disewa oleh terhubung dengan baik Americo Liberia

Namun, sementara banyak Liberia mengakui pencapaian kisaran mode infrastruktur – yang sebagian besar ditetapkan untuk menurunkan perang sipil – banyak akan menyalahkan pengenalan politik etnis dalam mengatur negara ini, konsekuensi masih ada hari ini,

<. p> 25 tahun setelah kematiannya, pihak Doe, Partai Demokrat Nasional Liberia (NDPL) tidak lagi kekuatan politik penting. Ini menjadi dua senator terpilih dalam pemilu pertama setelah perang pada tahun 2005 dan calon presiden Winston TUBMAN keempat di lapangan besar. Tapi partai dinonaktifkan Mei 2014 dan menurut TUBMAN “, alasan dia melakukan lebih baik [pemilu 2005] adalah karena stigma NDPL membawa.” Dia menambahkan bahwa para pendukung NDPL hari ini didominasi Krahn.

jejak abadi

Hari Mencari kembali modus Doe, tidak semua Liberia melihat orang jahat. Pada kenyataannya, bahkan Winston A. Tolbert, putra mantan Presiden Doe mengatakan bahwa “keluarga [kami] tidak menentang Doe … atau keluarganya [Doe] hanya … pion penting dalam sebuah permainan yang hanya melaksanakan rencana bahwa seseorang memberinya.”

Tolbert menduga bahwa kedua ayah dan Doe nya adalah tujuan dari “permainan besar dihapus dari kantor sebagai akibat tekanan dari pemerintah AS.

muda sebagai Sally Gay hubungan direktur University Student Union Grand Gedeh Umum dan Krahn etnis Doe terus menjunjung tinggi Hal ini mengacu kepada presiden sebagai “salah satu pemimpin terbaik,” dan menambahkan:. “Mereka derajat [dua kandidat utama dalam pemilihan presiden lalu dua gelar dari Harvard University] bahkan tidak setengah baik. “

Namun, kali Doe di kantor lebih dikenal sebagai periode gelap dalam sejarah Liberia dan sepuluh tahun kekuasaannya, serta perang sipil terus di bawah pemerintahannya melemparkan bayangan lama peristiwa dalam Liberia hari ini . Negara ini tampaknya tidak mampu untuk mengembangkan kepemimpinan baru ternoda oleh perang dan Swen sebagai Jeremy, seorang catatan aktivis muda, “ada nepotisme, korupsi dalam pemerintahan kisaran masih berlanjut di pemerintahan saat ini.”

Beberapa faktor sekarang konvergen mendestabilisasi. Kami berharap misi PBB di Liberia untuk transisi tanggung jawab penuh keamanan kepada Pemerintah tahun depan, sementara pada tahun 2017, Presiden Sirleaf secara konstitusional wajib disisihkan untuk penggantinya.

Elwood Dunn, seorang menteri dan pemimpin Tolbert Liberia ilmuwan, mengatakan bahwa meskipun upaya terakhir Sirleaf menjadi “segala sesuatu untuk memberitahu identitas etnis mereka sendiri, yang menjauhkan diri di proses dermawan-Liberia mereka pemukim” Dow presiden Liberia tetap menjadi salah satu “warisan adat yang unik . “

Sangat mungkin bahwa warisan perempuan Sirleaf paling populer sebagai kepala negara di Afrika sangat ditentukan oleh sejauh mana tidak dapat menyingkirkan dukungannya gerak mencari penggulingan Doe. Pada tahun 2009 , Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Liberia (TRC) merekomendasikan bahwa Presiden Sirleaf dilarang posisi politik selama 30 tahun Rekomendasi ini, dan banyak lainnya, belum dipenuhi -.. “Anda dapat melihat peran mereka dalam menggulingkan Perez yang diperlukan” Dan Sirleaf, mengatakan bahwa “Anda dapat meninggalkan laporan KKR sebagai sakit kepala bagi penggantinya,” menambahkan bahwa

Gay dan Liberia lainnya berpikir tentang pensiun Anda, tidak bisa tinggal di Liberia Sirleaf untuk kurangnya popularitas. Tapi seperti Presiden Sirleaf dan orang-orang Liberia percaya bahwa di masa depan, pikirannya kembali ke masa lalu dan peristiwa seperempat abad sebelumnya, tentu saja, berperan penting dalam pembentukan perhitungan politik dan emosi hadir. 25 tahun kemudian, kehadiran Doe masih terasa koridor kekuasaan di Liberia.

Brooks Marmon tinggal di Monrovia, yang mendukung program-program untuk membangun akuntabilitas dan transparansi dalam akuntabilitas Liberia Laboratorium. Dia Tweet enAfricaInDC.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *